gempa bumi mengakibatkan kerusakan properti
Kerusakan property akibat gempa bumi
Apa yang akan Anda lakukan ketika gempa bumi tiba-tiba terjadi dan membuat kerusakan di rumah/kantor/tempat usaha Anda? 

Apakah Anda akan pasrah saja menerima aset dan bisnis Anda hancur? 

Apakah Anda akan membangun kembali aset dan bisnis Anda yang rusak karena Gempa? 

Atau Anda akan termenung lama dan menyalahkan Tuhan? Kenapa sampai ada gempa bumi yang meluluhlantakkan dunia Anda? 

Dalam Agama Islam diajarkan kalau setiap musibah harus mengucapkan Innalillahi wa innailaihi rajiun, yang artinya semua yang berasal dari ALLAH, akan kembali kepada Allah. 

Inilah yang pertama kali yang harua dilakukan oleh seorang muslim ketika diujicoba dengan berkurangnya harta akibat bencana seperti Gempa. 

Musibah itu datang dari Allah untuk menguji hambaNya. Maka siapa saja yang bisa menerima takdir yang turun atas dirinya, maka Allah akan mengambil kembali musibah tersebut dan memberikan kemudahan kepada hamba pilihanNya. 

Begitu konsep iman dari seorang muslim terhadap bencana yang datang kepadanya. 

Indonesia merupakan kawasan yang rawan dengan bencana gempa bumi. Dari beberapa artikel yang membahas potensi bencana gempa di Indonesia saya sangat besar karena termasuk dalam kawasan yang disebut cincin api atau ring of fire.

Menurut wikipedia Indonesia di daerah yang termasuk ring of fire ini ada 90% kejadian gempa dan 81% gempa dengan kekuatan besar terjadi di kawasan ring of fire ini.

Artinya setiap daerah di Indonesia memiliki prosentase besar digunjang gempa bumi dan berpotensi besar untuk mengalami kerugian karena kekuatan gempa yang terjadi bisa dibilang tidaklah kecil. 

Rata-rata kekuatan gempa bumi di Indonesia berkisar 5 hingga 6.6 skala richter. Seperti yang baru saja terjadi di provinsi Bengkulu dan Bali.

Tahun 2009 silam, Sumatera Barat bahkan digoncang gempa berkekuatan 7.6 skala richter. Akibat gempa yang terjadi tersebut:

  1. 1,117 orang meninggal dunia
  2. 1,214 orang luka berat
  3. 1,688 orang luka ringan
  4. 135.448 rumah rusak berat
  5. 65,380 rumah rusak sedang 
  6. 78,604 rumah rusak ringan

Total kerugian provinsi Sumbar secara keseluruhan adalah 4,8 trilyun rupiah. Kompas, 28 Oktober 2009.

Lima tahun sebelum gempa Padang terjadi, tepatnya tanggal 25 Desember 2004, Nangroe Aceh Darussalam mengalami musibah yang besar akibat tsunami yang diawali oleh gempa dibawah permukaan laut. 

Bencana gempa tidak hanya menghancurkan provinsi Aceh saja tapi meluas ke Thailand, Maladewa, Srilanka, India dan Somalia. 

230 ribu jiwa meninggal oleh akibat gempa dan tsunami tersebut. Bahkan untuk mengembalikan daerah-daerah yang terkena dampak langsung bencana masyarakat dunia menyumbang hingga 14 miliar dolar dalam berbagai bentuk. 

Mengingat besarnya kerugian yang disebabkan oleh bencana gempa bumi, tsunami, maupun letusan gunung berapi maka dibuatlah asuransi gempa bumi atau earth quake insurance. 

Scope pengcoverannya yaitu segala resiko kerugian finansial yang dialami oleh seseorang atau entitas bisnis yang diakibatkan oleh bencana alam seperti gempa bumi, tsunami dan letusan gunung berapi. 

Pengelolaan asuransi gempa bumi di Indonesia dilakukan oleh perusahaan reasuransi MAIPARK. Artinya setiap premi yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi ke nasabah yang membeli produk asuransi kebakaran/PAR yang diperluas dengan asuranai gempa bumi, wajib menyisihkan sebagian dari premi yang diterimanya ke perusahaan Reasuransi Maipark tadi. 

Hingga saat ini berapa besar dana yang dikelola oleh Maipark untuk pemberian ganti rugi atas terjadinya bencana gempa bumi, tsunami, atau letusan gunung berapi dapat dilihat di situs resmi Maipark. 

Asuransi gempa bumi tidak bisa berdiri sendiri namun harus diikuti dengan asuransi kebakaran atau asuransi property all risks. Makanya jika Anda mendapat penawaran premi asuransi kebakaran atau PAR yang lebih mahal dari perusahaan asuransi, pastinya bukan asuransi kebakaran atau PAR yang tarifnya selangit. 

Tetapi asuransi gempa buminya yang mahal. 

Perlu atau tidaknya Anda membeli penambahan asuransi gempa tergantung pada daerah domisili. Jika daerah Anda tergolong rawan gempa bumi sangat disarankan untuk menambah asuransi ini sebagai penambah proteksi. 

Maipark sendiri memetakan daerah rawan gempa bumi yang bersifat katastrop dengan 3 zona. 

Zona 1. Daerah yang memiliki resiko terkecil gempa yaitu pulau kalimantan. 
Zona 2. Daerah yang memiliki resiko sedang
Zona 3. Daerah yang memiliki resiko tinggi

Penentuan besaran premi untuk asuransi gempa mengikuti zonasi diatas.

Penyebab Gempa Bumi
Gempa merupakan peristiwa ledakan energi akibat pergeseran lempeng bumi yang menghasilkan tekanan.

Bentuk-bentuk pergeseran lempeng bumi ini bermacam-macam, antara lain:
  1. Pergerakan magma
  2. Menumpuknya massa air dibalik DAM
  3. Injeksi/aktraksi cairan dari/ke dalam bumi. 
  4. Bahan peledak yang sengaja diledakkan. 
Untuk lebih jelas lihat laman Wikipedia.

Peristiwa gempa bumi di Indonesia yang pernah saya rasakan sendiri yaitu di tahun 2004 ketika SBY baru menjabat menjadi Presiden Republik Indonesia.

Masih ingat bencana tsunami aceh yang melumat provinsi tersebut? Saya hingga saat ini masih ingat.

Soalnya di tahun itu saya masih kuliah di salah satu Universitas Negeri di Padang. Akibat gempa yang dahsyat tersebut gedung fakultas yang baru saja selesai dibangun menjadi retak.

Bahkan gosipnya gedung baru tersebut bergeser pondasinya.

Hampir dua malam saya dan teman-teman satu kosan tidak mau tidur di kos karena khawatir gempa susulan akan membawa musibah kepada kami.

Jadilah kami tidur di mushala kampus. Dulu akses internet tidak semudah sekarang.

Berbagai macam isu muncul secara tiba-tiba membuat ketidaktenangan di masyarakat. Khususnya di lingkungan kampus saya yang sangat dekat dengan daerah pantai.

Jika dulu informasi terjadinya gempa bumi hari ini dapat diakses melalui website BMKG seperti sekarang, ga bakalan ada kisah angkutan yang seenaknya mengutip ongkos sampai 500 ribu rupiah.

Gempa dahsyat di Nangroe Aceh Darussalam tersebut meninggalkan luka kepada masyarakat Aceh dan Indonesia pada umumnya.

Tapi dibalik itu ada kejadian bersejarah, kelompok separatis yang menginginkan Aceh pisah dari NKRI akhirnya mau bersatu dan berdamai dengan pemerintah pusat.

Hal lain yang bersejarah adalah banyaknya bantuan yang diberikan oleh masyarakat Indonesia dan dunia untuk kembali membangun NAD dari bencana yang dihadapinya.

Gempa bumi di Indonesia
Gempa bumi 16 November 2016 di Malang Jawa Timur menyebabkan kurang lebih 37 rumah rusak.

Gempa 16 Januari 2017 yang terjadi di Medan tidak membuat kerusakan yang berarti namun masyarakat di Medan sempat merasakan kepanikan karena kekuatan gempa mencapai 5.6 skala richter.

Dengan resiko gempa bumi yang sangat besar terjadi di Indonesia, makalah gempa bumi patut untuk dijadikan sebuah cara untuk membuat masyarakat lebih waspada dengan bencana alam ini.

Salah satunya untuk waspada terhadap kerugian finansial seperti kebakaran yang terjadi karena gempa bumi.

Asuransi gempa bumi tidak bisa berdiri sendiri tetapi mesti berjalan bersama asuransi property all risk ataupun asuransi kebakaran.

Hubungi saya untuk informasi perlindungan finansial karena bencana gempa maupun bencana alam lainnya. Atau berlangganan artikel dari saya dengan mengisi form yang terdapat di samping.

Komentar