AMP Auto Ads merupakan fitur baru google yang bisa digunakan pada laman Accelerated Mobile Page. AMP sendiri merupakan proyek yang dimulai oleh google yang bertujuan agar website yang diakses oleh pengguna mesin pencari seperti google dapat ditampilkan dengan cepat.

Wordpress pun tidak ketinggalan untuk berpartisipasi dalam proyek google tersebut dan akhirnya mengeluarkan plugin resmi dari Automattic yang bernama AMP for Wordpress.

Semenjak saya menggunakan Plugin AMP resmi dari wordpress kunjungan ke blog saya yang berasal dari mesin pencari meningkat dengan drastis.

Peningkatan ini juga tanpa resiko.

Yang pasti resikonya meningkatnya bounce rate atas kunjungan yang berasal dari laman AMP tersebut. Tapi tak usah risau dengan tingginya bounce tersebut, ada peluang besar juga di kondisi tersebut.

Ini yang ingin saya bagikan kepada teman-teman, khususnya publisher adsense.

Seperti yang kita ketahui bersama, penghasilan adsense dipengaruhi oleh dua hal yaitu:

  • Pageview, dan

  • Jumlah iklan yang diklik pengunjung.


Bulan Maret lalu saya mendapatkan penghasilan tertinggi untuk adsense.

Biasanya jika saya hanya mendapatkan 2 atau 3 dolar, Bulan Maret yang lalu saya bisa mendapatkan penghasilan lebih dari 6 dolar.

50% naiknya, lumayan bukan?

Bulan ini, April 2018, penghasilan saya drop lagi ke penghasilan semula. (haaah…)

Penyebabnya:

Saya sudah mengupdate Plugin AMP dan lupa meletakkan kode adsense di plugin yang sudah diperbaharui tersebut.

Kemudian muncul sebuah pertanyaan dari saya, bagaimana membuat iklan adsense bisa muncul di laman khusus amp tersebut tanpa harus khawatir menghapus kode adsense?

Saya pun menemukan jawabannya dari hasil penelusuran google.

Memanfaatkan Fungsi WP QUAD Utk Menampilkan AMP AUTO ADS Adsense


Ada banyak plugin yang bisa kita gunakan untuk mengelola iklan di wordpress.

Saya sendiri menggunakan plugin wp quads untuk menampilkan iklan di buatblogger.net.

Namun untuk menampilkan iklan AMP saya harus mengupgrade versi gratis tersebut ke fitur premium.

Untuk versi yang berbayar plugin ini rentang harganya antara 49 euro sampai 449 euro.  Kurs 1 uero saat saya cek google berkisar pada 17 sampai 18 ribu rupiah. Jadi untuk wp quad versi personal kita harus berlangganan  830 ribuan.

Cukup mahal kalau kita masih belum punya pendapatan tetap dalam bisnis periklanan.

Jadi langkah lain yang ingin saya coba adalah memanfaatkan fungsi yang ada di WP Quad dan menggabungkannya dengan fungsi yang saya miliki.

Untuk percobaan kali ini saya ingin menggunakan google adsense auto ad untuk laman AMP. Teman-teman yang ingin bereksperimen bisa mendapatkan kodenya melalui menu Labs yang terdapat di sidebar kiri saat masuk dashboard akun Adsense kita.

Setelah mendapatkan kode tersebut teman-teman tinggal memasukkan kode adsense auto ads tersebut di tag <head> dan tag <body>.

Tadi saya sudah menyinggung kalau saya akan memanfaatkan fungsi yang ada di plugin pengelola iklan. Fungsi yang akan saya gunakan terdapat didalam file automattic-amp-ad.php. Didalam file tersebut ada fungsi bernama quads_amp_add_amp_ad_js yang akan meletakkan skrip khusus iklan untuk website laman amp,
<async custom-element="amp-auto-ads" src="https://cdn.ampproject.org/v0/amp-auto-ads-0.1.js"></script>

Agar iklan google adsense auto ads muncul di laman AMP (Post atau Page), maka kita akan menambahkan fungsi dibawah ini

/**

* kode adsense auto ad di amp footer

*/

add_action( 'amp_post_template_footer', 'buatblogger_amp_add_amp_auto_ad' );

function buatblogger_amp_add_amp_auto_ad( $amp_template ) {

?>

<amp-auto-ads type="adsense" data-ad-client="ca-pub-xxxxxxxxxxxxxxxx"></amp-auto-ads>

<?php

}


Bagaimana kalau teman-teman belum menginstal plugin wp quad?

Solusinya teman-teman bisa menyalin kode berikut ke laman function.php dari tema anak yang digunakan:
/**
* kode iklan amp-ad di amp head
*/
add_action( 'amp_post_template_head', 'buatblogger_amp_add_amp_ad_js' );

function buatblogger_amp_add_amp_ad_js( $amp_template ) {
?>
<script async custom-element="amp-ad" src="https://cdn.ampproject.org/v0/amp-auto-ads-0.1.js"></script>
<?php
}

/**
* kode adsense auto ad di amp footer
*/
add_action( 'amp_post_template_footer', 'buatblogger_amp_add_amp_auto_ad' );
function buatblogger_amp_add_amp_auto_ad( $amp_template ) {
?>
<amp-auto-ads type="adsense" data-ad-client="ca-pub-xxxxxxxxxxxxxxxx"></amp-auto-ads>
<?php
}


NOTE:

  1. kode diatas saya sarankan agar dapat digunakan di tema anak function.php dan juga belum menginstal plugin wordpress untuk adsense apapun.

  2. Ubah ca-pub-xxxxxxxxxxxxxxxx dengan id adsense teman-teman sendiri.


Silahkan dicoba dulu di localhost sebelum teman-teman menggunakannya untuk blog wordpress. Jika butuh bantuan silahkan hubungi saya dan bagikan kepada rekan-rekan kita yang sedang membutuhkan. (www.buatblogger.net)

Komentar